Home

Kamis, 13 September 2012

OTAK DAN DAYA INGAT


KEDAHSYATAN OTAK DAN DAYA INGAT

Oleh
Hengki Yandri


Penelitian mutakhir menunjukkan bahwa potensi otak dan kemampuan daya ingat manusia hamper tanpa batas. Ilmuan belum mampu menemukan atau mencapai batas dari kemampuan otak tersebut. Berikut adalah beberapa kehebatan otak manusia.

A.   Satu Triliun Neuron (Sel Otak)
Jumlah sel otak manusia merupakan jumlah yang sangat fantastis dibandingkan jumlah sel otak lebah yang hanya 7.000 sel atau dibandingkan dengan jumlah manusia di bumi ini hanya sebanyak 6-7 miliar. Setiap sel otak mempunyai kemampuan dan kapasitas yang luar biasa.
Jumlah tersebut adalah jumlah rata-rata sel otak manusia. Artinya, mungkin ada beberapa orang mempunyai sel otak kurang atau lebih dari jumlah tersebut. Namun kekurangan atau kelebihan tersebut hampir tidak ada artinya.
Meskipun sel otak akan berkurang ketika usia bertambah, hal ini tidak sedramatis yang diperkirakan. Hal ini bias dihitung secara global. Jika setiap sel otak kita mati 1.000.000 sel, jumlah sel otak hanya berkurang sekitar 3,6% ketika kita berusia 100 tahun. Sungguh merupakan angka yang sangat kecil.
Merokok, minuman alkohol, penuaan, sakit dan sebaginya juga dapat mengurangi jumlah sel otak. Namun ada kabar gembira tentang jumlah sel otak manusia. Ternyata sel otak manusia dapat bertambah. Hal ini diperkuat oleh penemuan para ilmuan akhir-akhir ini.

B.   Otak Adalah Alam Semesta Seberat Satu Kilogram (Marian C. Diamond)
Otak manusia ibarat alam semesta. Pernyataan ini tidak berlebihan. Hal ini berhubungan dengan potensi atau kapasitas otak itu sendiri.
Berikut pernyataan lain dari beberapa ilmuan mengenai kedahsyatan otak manusia.
1.      Jika seluruh informasi dari buku perpustakaan  di dunia atau seluruh informasi dari jaringan telekomunikasi di dunia di masukkan ke dalam otak, otak manusia tetap tidak akan penuh.
2.      Jika setiap detik dimasukkan 10 informasi ke dalam otak sampai manusia meninggal, misalnya sapai umur 100 tahun, otak manusia belum terisi penuh.
3.      Kapasitas otak manusia adalah angka satu diikuti angka nol yang panjangnya 105 juta kilometer angka standar. Gambarannya adalah jika kita mengetik angka nol dngan menggunakan huruf standar pada laptop, panjangnya hanya 30-40 cm. Deretan nol sepanjang 105 juta kilometer sebanding dengan perjalanan bumi ke bulan sebanyak 14 kali pulang pergi.
4.      Potensi otak manusia yang digunakan rata-rata hanya sekitar 0,0001 potensi otak manusia sesungguhnya.
Tahun 1950 para ahli jiwa menemukan bahwa potensi otak manusia yang digunakan rata-rata hanya sekitar 50%; tahun 1970 sekitar 10%; tahun 1980 sekitar 1%; dan tahun 1990 sekitar 0,01%. Berapakah rata-rata potensi otak manusia yang digunakan sekarang? Kurang lebih 0,0001%! Wow sungguh fantastis bukan?
Berikut adalah fakta-fakta kedahsyatan otak manusia yang lainnya:
1.      Leonardo Da Vinci: lukisan, ide dan perkiraannya masih dianggap valid setelah 400 tahun;
2.      Cardinal Mezzofani memiliki kemampuan berbicara dalam 60 bahasa;
3.      Yogi Shaa dapat mengulang 1.000 frasa secara benar dan berurutan dalam sekali dengar;
4.      Hideyaki Toyomori dari Jepang dapat mengingat 10.000 angka desimal dari bilangan phi;
5.      Dan Mikels pernah mengingat nama beserta nomor telepon dari direktori telepon Los Angeles.
Itulah gambaran hebat dan dahsyatnya potensi atau kapasitas otak manusia. Semoga informasi ini cukup untuk meyakinkan kekuatan otak kita sehingga tidak lagi terdengar perkataan: “Aduh! Otak saya sudah penuh nih!”,…  “Saya sudah tua, jadi daya ingat saya melemah nih!”,… dan masih banyak lagi Mindset negatif pada otak.

Sumber: Irwan Widiatmoko. 2012. Memorize Everything. Jakarta: Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bergabung ke MEMBERS CCI untuk dapat meninggalkan komentar sahabat.Terima Kasih!