Home

Kamis, 10 April 2014

Hubungan dalam Konseling (The Relationship in Counseling)

Oleh :
Mirza Irawan &  Itsar Bolo R

Sumber Gambar: http://noesaalas.blogspot.com
Inti dari proses terapeutik adalah hubungan yang dibangun antara konselor dan klien. Dalam bab sebelumnya, pentingnya sikap klien dalam konseling ditekankan. Dalam bab ini, kami meneliti sikap dari konselor sebagai variabel dalam hubungan dan bagaimana hubungan itu digunakan untuk membantu klien. Hubungan itu penting dalam konseling dan psikoterapi karena merupakan media utama untuk memunculkan perasaan dan penanganan permasalahan yang bertujuan mengubah perilaku klien. Dengan demikian, kualitas hubungan tidak hanya menentukan perubahan pada diri klien, tetapi juga meyakinkan klien untuk melanjutkan konseling atau tidak.
Dalam hubungan konseling ada klien yang tidak bersedia melakukan hubungan interpersonal yang efektif. Tugas dari para psikoterapis adalah menciptakan hubungan yang baik dengan klien, sehingga antara keduanya merasa nyaman.  Menurut Pepinsky (1954) hubungan atau relationship berarti hubungan yang mengacu kepada pengaruh elemen-elemen emosional dari suatu interaksi, di mana hubungan ini didasarkan pada observasi terhadap sikap atau tingkah laku klien. Dalam teori yang sebenarnya, hubungan berarti menyediakan suatu jembatan dasar untuk mengaktualisasikan kepribadian dari dua orang untuk menciptakan suatu kontak.


Karakteristik dan Dimensi Hubungan dalam Konseling
1. Keunikan
Hubungan adalah unik. faktor-faktor yang menciptakan keunikan ini adalah beragam seperti perbedaan manusia. Faktor-faktor yang unik termasuk sikap konselor, perilaku dan karakteristik fisik, di samping sikap klien, latar belakang, dan perilaku yang dibahas dalam bab sebelumnya. Keunikan ini membuat generalisasi tentang kesulitan konseling. Aspek lain dari keunikan dalam hubungan terapeutik adalah perbedaan pada setiap hubungan manusia. Di mana teman-teman, kerabat, dan guru memiliki pengaruh besar pada perilaku. Satu elemen yang unik dari suatu nasihat adalah strukturnya direncanakan dengan baik dan dijelaskan dalam kerangka prosesnya.
Elemen lain yang unik yang membedakan hubungan konseling adalah kemampuan konselor untuk bersikap objektif serta terlibat secara emosional. Karena intim struktur, sifat, dan sikap hubungan konseling juga memiliki kesamaan dengan situasi manusia lainnya, misalnya, keluarga, persahabatan, guru-murid, dokter-pasien, dan pendeta-jemaat. Dalam arti lain, hubungan konseling adalah perluasan dari proses kehidupan secara efektif.
2. Objektif/Subjektif
Cara kedua untuk melihat hubungan adalah dari keseimbangan objektivitas dan subjektifitas (Oppenheimer, 1954). Keseimbangan ini mengacu pada tingkat emosional dan hal-hal yang mempengaruhi intelektual dan elemen emosional. Objektivitas mengacu pada lebih kognitif, scientific dan generiknya suatu hubungan. Di mana klien dianggap sebagai obyek belajar atau sebagai bagian dari penderitaan manusia yang luas. Oleh karena itu, konselor akan memberikan pandangan kepada klien dan nilai-nilai tanpa penilaian pribadi. Arti perilaku konselor untuk klien adalah bahwa mereka merasa konselor menghormati pandangan mereka, tidak memaksakan gagasan-nya pada mereka, dan melihat masalah mereka rasional dan analitis. Mereka ingin konselor untuk terlibat secara emosional dan menjadi pribadi yang bersangkutan tentang mereka.
Elemen subjektif dimaksudkan adalah sikap kehangatan dan psikologis kedekatan serta keterkaitan yang mendalam pada masalah klien. Perilaku ini sering digambarkan sebagai kepedulian. Sebaliknya, beberapa klien menganggap keterlibatan konselor sebagai ancaman, karena mereka adalah “mengirimkan” untuk kontrol atau “mengungkapkan” diri orang lain. Seorang klien melihat konselor, sebagai seorang ibu yang penuh kasih sayang atas kebutuhan klien tersebut. Sifat interaksi emosional tampaknya menjadi variabel kunci yang menentukan kualitas hubungan, atau pertemuan.
Dalam konseling objektivitas dan subjektivitas haruslah harmonis, di mana konselor mengoperasikan dua posisi dan menggabungkan kedua elemen tersebut. Objektivitas diperlukan dalam mendiagnosa, sementara subjektivitas diperlukan dalam membangun suasana/iklim konseling itu sendiri.
3. Kognitif/Afektif
Elemen hubungan kognitif mengacu kepada intelektualitas seperti bertukar informasi. Sedangkan unsur-unsur afektif mengacu pada ekspresi perasaan dan perubahan, konselor harus tahu kapan untuk mendorong pengujian rasional pada klien dan interpretasi masalah klien dan kapan harus mendorong eksplorasi perasaan dan hubungan ide-ide mereka. Menurut Grater (1964) klien memilih konselor yang mempunyai karakter kognitif dan afektif.
4. Ambiguitas/kejelasan
Bordin (1955), menyatakan ambiguitas merupakan karakteristik dari suatu situasi stimulus di mana orang-orang merespon secara berbeda dan tidak ada respon yang jelas ditunjukkan. Hubungan konseling adalah kabur dan ambigu untuk klien. Ambiguitas melayani fungsi yang memungkinkan klien untuk proyek perasaan ke dalam situasi konseling. Proses memproyeksikan perasaan klien bantu untuk menjadi sadar dan peduli tentang perasaan mereka, sehingga memungkinkan konselor untuk mengetahui dan berurusan dengan mereka melalui memperjelas teknik konseling. Terlalu banyak ambiguitas pada klien menyebabkan keanehan dalam berhubungan di mana klien harusnya merasa aman dan terstruktur dalam hubungannya.
Ada beberapa kebingungan dalam hubungan jika konselor terlalu menjelaskan kepribadian kepada klien atau menjadi terlalu akrab dengan klien. Misalnya, konselor berperilaku lebih seperti seorang teman dibanding seorang konselor. Jika konselor terlalu ramah dengan klien dalam arti bahwa mereka membiarkan diri mereka dikenal terlalu dini serta-digambarkan kepribadian,
konselor akan menemukan bahwa mereka merasa terdorong untuk “bertindak sendiri” terlalu kuat dalam situasi wawancara. Jadi, wawancara mungkin didorong dalam arah pembicaraan sosial atau pertemanan yang intim. Isu ini merupakan kontroversial, karena ada beberapa literatur yang menekankan pada pentingnya seorang konselor untuk bersikap ramah dengan klien.
5. Responsibel/akuntabel
Tanggung jawab atau menerima klien dalam hubungan konseling menyiratkan kesediaan pada akuntabilitas dari konselor untuk memikul beberapa tanggung jawab atas hasil konseling dan beberapa kesediaan untuk berbagi dalam masalah klien. Klien memiliki tanggung jawab juga, yang mereka menganggap sebagian besar itu adalah masalah mereka dan perilaku yang dipertaruhkan. Konselor berbeda dalam penafsiran mereka tentang tanggung jawab. Kami merasa bahwa konselor tidak bertanggung jawab untuk menjalankan hidup klien atau memilih nasihat. Bahwa klien bertanggung jawab untuk menetapkan tujuan konseling karena dia memiliki masalah. Konselor mempunyai lebih banyak pengaruh dari yang mereka sadari karena mereka mempunyai kekuasaan dan status sebagai penyembuh. Tanggung jawab konselor untuk masyarakat yang lebih luas dibahas pada bagian berikutnya pada etika.
6. Dimensi Etika
Ciri khas dari konselor profesional adalah penanganan etis dari hubungan klien sehingga baik klien dan masyarakat dilindungi. Kode yang merangkum prinsip-prinsip etis yang didasarkan pada nilai-nilai sosial yang dominan. Untuk menutupi pertanyaan yang sering timbul dalam konseling, Komite Standar Etika dari American Psychological Association telah menerbitkan kode standar etika (1979); kode ini terus menerus direvisi untuk mencerminkan perubahan dalam nilai-nilai budaya. Para Personil Amerika dan Asosiasi Bimbingan (1981) juga mempublikasikan pernyataan revisi standar etika yang awalnya dirancang untuk sekolah dan pengaturan kuliah konseling. Kode APA mencakup prinsip-prinsip berikut, dinyatakan di sini dalam bentuk sangat-disingkat dalam rangka untuk menunjukkan ide umum dari sembilan prinsip. Hal ini penting bagi semua konselor dan menerapkan prinsip-prinsip, subprinciples, dan standar untuk kasus-kasus tertentu. Adapun etika yang dimaksud adalah :
1.       Tanggung jawab.
2.       Kompetensi.
3.       Standar Moral dan Hukum.
4.       Laporan Publik.
5.       Kerahasiaan
6.       Kesejahteraan konsumen
7.       Hubungan profesional
8.       Teknik pemanfaatan penilaian
9.       Pengadaan aktivitas penelitian

Karakteristik Konselor
Anggapan dasar  dalam membangun hubungan adalah kepribadian dari konselor. Berdasarkan studi oleh Forgy dan Black (1954) menekankan bahwa pribadi konselor dan gaya konselor sangatlah penting, meskipun mereka menemukan bahwa hal ini merupakan interaksi pribadi konselor dan metode yang diperhitungkan untuk perbedaan dalam keefektifan konseling. Seeman (1949), dalam studinya mengenai konseling karir, menyimpulkan bahwa metode tidak begitu penting dalam membedakan reaksi klien akan tetapi karakter hangat, ketertarikan dan memahami yang penting.
Fiedler (1950) membandingkan tiga kelompok yang berbeda dari terapis yang berpengalaman dengan tiga kelompok terapi yang kurang berpengalaman. Fiedler menemukan bahwa untuk terapis yang berpengalaman, kepribadian dan pengalaman dari pada metode yang berbeda-beda, diperhitungkan untuk hasil yang berbeda dari teraupetic. Sementara penemuan Gardner menyatakan karakteristik terapis berbanding lurus/positif dengan kemajuan klien. Ciri-ciri dari terapis  yang efektif adalah yang memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Person technician balance atau personal keseimbangan teknis
Konselor dan psikoterapis memiliki dua kekuatan dan dua keseimbangan, yaitu : skill dalam hubungan pribadi (interpersonal skill) dan kualifikasi teknis. Para ahli klinis seperti Strupp (1963) mendukung pandangan ini. Beberapa referensi dibuat dari data Rogers (1953), Truax dan Charkhuff (1964) dan Combs (1969) dalam karakteristik hubungan yang fasilitatif dari konselor. Mereka menemukan bahwa karakter hangat konselor, memahami, sikap positif, pengalaman konkret konselor dan keterbukaan konselor menciptakan kondisi untuk mengeksplorasi diri kilen. Karakter seperti ini akan menghasilkan perubahan perilaku yang besar dalam diri klien lain halnya jika kondisi yang fasilitatif tidak di hadirkan secara optimal.
Sebelum menggambarkan karakter konselor secara lebih jauh, kita harus menekankan ulang pada poin-poin penting yang ada dalam buku ini :
1.       Konselor dan terapis bertugas dalam membantu orang lain dalam kapasitas profesional. Tapi lebih penting mereka adalah manusia dengan kelemahan pribadi dan juga memiliki masalah sendiri.
2.       Konselor yang profesional adalah ahli dalam membantu orang lain, tapi mereka tidak memakai solusi yang mistis, konseling dan terapi adalah bagian teknisnya, selebihnya adalah efektivitas manusia melalui hubungan pribadi.
3.       Setiap klien dengan ekspresi yang unik merupakan sifat alami manusia, hal ini harus dipahami oleh konselor
4.       Konseling dan terapi bisa dipandang sebagai tempat mengaktualisasikan dirinya.
5.       Penekanan utama untuk meringankan konselor atau terapis haruslah pengembangan dari teknik inti yang cocok dengan teori.
2. Intellectual competence atau kompetensi intelektual
Berkaitan dengan kompetensi intelektual adanya persyaratan dari pengetahuan yang luas dari budaya yang dimiliki melalui pendidikan umum dan kehidupan yang bervariasi. Intelektual dan budaya yang luas juga merupakan hal yang signifikan, sejak di mulainya memahami berbagai klien yang bervariasi.
3. Spontaneity atau spontanitas
Ketika bicara mengenai spontanitas hal ini merupakan karakteristik dari aktualisasi kepribadian. Hal ini sudah di sebutkan beberapa kali bahwa konseling bukanlah suatu aplikasi yang kaku yang membuat perubahan sifat dan perilaku. Konselor harus dengan segera merespon pernyataan klien terutama berkaitan dengan perasaannya. Konselor harus bebas untuk bergerak secara natural, cepat, dan tenang dalam berfikir dan merasa dalam rangka untuk beradaptasi dengan nuansa perilaku klien.
4. Acceptance and Caring atau penerimaan dan kepedulian
Pertanyaan yang sering ada adalah seberapa besar sikap dan perilaku bisa diubah oleh saran, persuasi, ataupun perlakuan. Perilaku klien terlihat berubah secara efektif dalam hadirnya perkembangan perilakunya. Pengalaman penerimaan klien terlihat misalnya : seperti perasaan memahami, cinta dan kepedulian. Perilaku ini merupakan penerimaan yang positif adalah keseimbangan dasar dari cinta altruistik (Sorokin 1950). Bukti dan logis dihadirkan dari tulisan Fromm (1956), Montague (1950), May (1953), dan Sorokin (1950) menjadi bukti terhadap kekuatan tereupetik dari cinta altruistik. Dalam beberapa tahun lalu konselor mencari filosofi, teologi dan antropologi untuk konsep mereka mengenai teraupetik cinta. Ahli psikologi telah meneliti komponen dari cinta melalui eksperimen dengan primata. Penelitian Harlow (1958) melakukan studi darimothering (mengasuh) sebagai contoh. Dalam kontek studi perkembangan jangka panjang, Harlow menemukan bahwa primata yang diberi makan dan dibesarkan dibawah kondisi yang bervariasi dari dikembangkan perampasan asuhan orang tua akan melahirkan perilaku yang kurang adaptif yang mana dengan kata lain manusia akan digambarkan sebagai neurosis dan sosiopatic.
5. Asumsi dasar yang mendasari acceptance
Pertama; acceptance/menerima berdasarkan ide bahwa individu memiliki martabat dan keberhargaan yang tidak terbatas. Dengan kata lain, manusia itu bernilai tinggi. Asumsi kedua; orang memiliki hak untuk membuat keputusan sendiri dan mengarahkan kehidupannya. Asumsi ketiga adalah bahwa kilen memiliki kapasitas atau potensi untuk memilih secara bijak dan untuk hidup penuh, aktualisasi diri, kehidupan yang berguna bagi sosial. Asumsi keempat bahwa setiap orang bertanggung jawab untuk diri dan kehidupannya sendiri. Sistem nilai konselor harus ditingkatkan dengan kepedulian diri dan tanggung jawab diri dalam klien dan bagi dirinya sendiri.
Asumsi dan atribut dari acceptance berakar secara mendalam berdasarkan filosofi demokratis Amerika, yang mana hal itu mendasari secara kuat dalam tradisi budaya Hebraic-Christian. Posisi filosofi Leibnizian memandag manusia adalah aktif, organisme yang tumbuh dan motivasi juga memiliki kontribusi. Kesimpulan dari definisi acceptance telah di susun oleh Rogers (1951) sebagai hal perilaku positif mengarah kepada penghargaan diri dan bermartabat dengan hak untuk membuat pilihan dan keputusan sendiri. Dan banyak orang memberikan postulat bahwa elemen penting dari perilaku positif ini adalah cinta.
6. Self Acceptance
Ada beberapa bukti bahwa ide mengenai acceptance dari orang lain berdasarkan pada acceptance pada diri sendiri, dan ini berdasarkan pada acceptance dari orang lain. Beberapa tahun penelitian awal (Phillips 1951; Sherman 1945; Zelen 1954) memberikan poin kepada signifikan dari self acceptance (penerimaan diri) dan self regard(penghargaan diri) perilaku lainnya sebagai dasar untuk penerimaan terhadap orang lain. Siginifikan
penemuan ini untuk konselor adalah bahwa mereka harus menerima dirinya sebelum mereka bisa menerima klien karena ini akan membantu mereka.
5. Value of Acceptance
Poin penting dari signifikan untuk penerimaan perilaku adalah keterlibatan klien dalam proses konseling ketika klien merasakan bahwa konselor sangat peduli tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan, hal itu mengggambarkan bahwa konselor bisa dan ingin membantu mereka. Nilai kedua adalah perilaku itu akan berefek kepada psychological climate (iklim psikologis) dari wawancara. Yang dimaksud dengn iklim psikologis ini artinya nada emosional yang dihasilkan dari interaksi pribadi klien dan konselor. Iklim ini bisa di sebut dengan kehangatan, dingin, serius atau sembrono. Nilai ketiga adalah efek mempertahankan defensif attitude. Bahwa individu memiliki mekanisme perlindungan diri, seperti penolakan, rasionalisasi. Maka dengan penerimaan klien akan terbuka.
6.Acceptance-what it is not
Approval or agreement atau persetujuan bukanlah penerimaan. Penerimaan konselor adalah sebagai persetujuan atas apa yang dikatakan dan dirasakan klien. Miskonsepsi pertama; Klien pada awal proses konseling mungkin saja salah memaknai perilaku penerimaan konselor sebagai persetujuan dengan apa yang mereka katakan dan rasakan adalah resiko konseling yang sebenarnya. Miskonsepsi kedua; boleh jadi perilaku netral. Penerimaan adalah positif, perilaku aktif kepada klien. Dimana efeknya “saya suka kamu bahkan jika saya tidak perlu setuju secara pribadi dengan apa yag kamu pikirkan atau rasakan” atau yang lainnya “I see, appreciate, and value this ideas and feelings along with you, the essential you , matter more to me than what you say or do” (saya mengerti, saya hargai dan nilai atas ide dan perasaan yang ada pada mu, ini esensi diri mu tidak masalah bagiku tapi apa yang kamu lakukan dan katakan”.) Yang ketiga adalah simpati. Maka konselor melibatkan emosinya ketika klien melibatkan emosinya juga. Acceptance pembicaraannya yaitu “i understand how badly you feel, although i do not personally feel that way” (saya memahai bagaimana perasaan mu, meskipun saya tidak merasakan secara pribadi bagaimana kamu merasakannya”). Simpati menekankan sebagai alat support, yang dimiliki bertujuan untuk meminimalisir perasaan dari klien. Perilaku simpati seperti “you poor person, i feel sorry for you since you cannot help your self”(kamu orang yang menyedihkan, saya merasa sedih pada mu sejak kamu tidak bisa membantu dirimu sendiri). Yang keempat mis-interpretasi mengenai penerimaan adalah mengenai toleransi. Meskipun toleransi adalah perilaku sosal yang sangat diinginkan, dalam hubungan proses konseling, tapi hal ini tidak bisa diikutkan. Hal ini akan berimplikasi pada penerimaan negatif dari pada positifnya. Perilaku toleransi berimplikasi bahwa adanya karakteristik seperti perbedaan ras, yang mana konselor harus sadar tentang bagaimana perasaan klien yang di berikan toleransi.
7.Understanding and Empathy atau Empati dan Memahami
Konselor yang efektif tampaknya harus dapat lebih memahami klien, (Fiedler 1950; Heine 1950). Porter (1949) membuat pembedaan yang bermanfaat antara pemahaman dan pengertian diagnosa terapi. Pengertian diagnosa mengacu pada deskripsi kecerdasan perilaku klien. Contohnya adalah informasi yang diperoleh melalui pengujian atau pengamatan untuk membuat penilaian diagnostik untuk digunakan dalam perencanaan karir.  Aspek pemahaman memungkinkan konselor untuk membuat prediksi tentang perilaku yang jelas tentang klien dan deskripsi diri mereka.
 Pengertian terapi mengacu pada reaksi perasaan dari konselor yang memungkinkan klien untuk merasa dimengerti, diterima dan berempati. Sikap terapeutik menekankan pemahaman tentang klien bagaimana mereka melihat pengalaman mereka. Gendlin (1962) menyatakan dengan tepat pengertian empati adalah merasakan makna yang klien alami sehingga untuk membantu klien fokus pada arti itu.  Terapi pemahaman muncul ketika dalam konseling konselor memilki pengetahuan yang cukup tentang klien (Fiedler dan Senior 1952).
Terapis yang efektif, meskipun tidak mampu memprediksi klien mereka mampu mendeskripsi diri klien jauh lebih baik daripada para terapis yang kurang efektif (Fiedler 1950; Luft 1950), ini dinilai signifikan dan lebih baik dalam kemampuan mereka untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang hangat, menerima. Dalam hubungan ini, salah satu temuan yang signifikan Fiedler adalah bahwa ada kesepakatan substansial antara terapis terampil dari tiga sekolah yang berbeda dari terapi seperti apa hubungan terapeutik merupakan yang ideal. Para terapis terampil sekolah yang berbeda sepakat lebih dengan satu sama lain pada definisi hubungan yang ideal dibandingkan dengan anggota terampil dari sekolah mereka sendiri (Fiedler 1950). Jika hasil Fiedler dapat diinterpretasikan pada nilai nominal, tampaknya bahwa pemahaman terapi terkait erat dengan kompetensi terapeutik.
Bukti yang ada tidak semua positif, namun studi Lesser itu (1961), meskipun terbatas dalam lingkup ke beberapa konselor dan klien saja, menemukan bahwa ide yang diterima secara umum pemahaman empatik yang terkait dengan kemajuan klien tidak berhubungan. Meskipun semua klien di ruang kerjanya membuat kemajuan yang diukur oleh Q-Sorts [1]) pada persepsi diri yang ideal, kemajuan ini tidak berhubungan dengan tindakan pada skala pemahaman empatik.
Truax dan Carkhuff (1963, 1964) menemukan bahwa upaya yang sensitif dan akurat pada pemahaman terapeutik klien sangat fasilitatif. Ini merupakan respon empatik terhadap klien, yang berarti klien menganggap konselor telah mengerti. Truax dan Carkhuff menemukan bahwa kehangatan non posesif dan keaslian konselor adalah variabel yang di samping untuk memahami, mendorong pertumbuhan klien. Alasan untuk efektivitas dinyatakan oleh para peneliti sebagai berikut:
Semakin besar tingkat pemahaman yang akurat empatik terapis klien, semakin besar sejauh mana terapis menunjukkan kehangatan tak bersyarat atau nonpossessive atau integrasi terapis dalam hubungan itu, dan terapis lebih intens dan intim dalam hubungan, semakin besar akan tingkat eksplorasi antarpribadi klien dan semakin besar akan tingkat akibatnya perilaku positif. (1964, p.861)

Dengan kata lain, jika konselor menghadirkan kondisi seperti yang dijelaskan di atas dalam hubungan, klien merasa lebih bebas untuk menjadi diri sendiri dan menghadapi masalah mereka. Empati telah ditekankan sebagai variabel kunci dalam keberhasilan konseling. Konselor yang efektif ternyata membutuhkan jenis baik diagnostik dan terapi pemahaman. Namun menggunakan kedua metode tersebut tidaklah mudah. Ada kecenderungan kuat untuk sibuk dengan aspek-aspek kognitif dari klien dan kesulitan untuk selama-tampilan implikasi connotive kebingungan dan ketidakpastian. Misalnya, ketika mencoba untuk melihat alasan klien untuk mencari bantuan keuangan, untuk mencari pekerjaan sosial yang lebih cocok daripada mengajar, atau memutuskan yang prospek perkawinan tampak paling menjanjikan, konselor mungkin cenderung mengabaikan ancaman terhadap kemerdekaan klien yang terlibat dalam bantuan keuangan, atau kebutuhan untuk mendominasi anak-anak dalam pilihan karir, atau dependensi ekstrim mengganggu dengan pilihan perkawinan atau pekerjaan.
Bacaan Lebih Lanjut :

Brammer, L.M & Shostrom, E.L. 1982. Therapeutic Psychology. New Jersey : Prentice-Hall. Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan bergabung ke MEMBERS CCI untuk dapat meninggalkan komentar sahabat.Terima Kasih!