METODE PEMBELAJARAN
Sumber: http://naidra.student.fkip.uns.ac.id |
Metode
menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam Kapita Selekta Pendidikan
Islam, (1999) berasal dari kata meta berarti melalui, dan hodos jalan.
Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan menurut Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam
(2001) Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan
pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Menurut WJS.
Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999) Metode adalah
cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud. Berdasarkan
definisi di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa metode merupakan
jalan atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
1. Interaktif
Proses
pembelajaran merupakan proses interaksi baik antara guru dan siswa, siswa
dengan siswa atau antara siswa dengan lingkungannya. Melalui proses interaksi
memungkinkan kemampuan siswa akan berkembang baik mental maupun intelektual.
2. Inspiratif
Proses
pembelajaran merupakan proses yang inspiratif, yang memungkinkan siswa untuk
mencoba dan melakukan sesuatu. Biarkan siswa berbuat dan berpikir sesuai dengan
inspirasinya sndiri, sebab pengetahuan pada dasarnya bersifat subjektif yang
bisa dimaknai oleh setiap subjek belajar.
3. Menyenangkan
Proses
pembelajaran merupakan proses yang menyenangkan. Proses pembelajaran
menyenangkan dapat dilakukan dengan menata ruangan yang apik dan menarik dan
pengelolaan pembelajaran yang hidup dan bervariasi, yakni dengan menggunakan
pola dan model pembelajaran, media dan sumber-sumber belajar yang relevan.
4. Menantang
Proses
pembelajaran merupakan proses yang menantang siswa untuk mengembangkan
kemampuan berpikir, yakni merangsang kerja otak secara maksimal. Kemampuan itu
dapat ditumbuhkan dengan cara mengembangkan rasa ingin tahu siswa melalui
kegiatan mencobaoba, berpikir intuitif atau bereksplorasi.
5. Motivasi
Motivasi
merupakan aspek yang sangat penting untuk membelajarkan siswa. Motivasi dapat
diartikan sebagai dorongan yang memungkinkan siswa untuk bertindak dan
melakukan sesuatu. Seorang guru harus dapat menunjukkan pentingnya pengalaman
dan materi belajar bagi kehidupan siswa, dengan demikian siswa akan belajar
bukan hanya sekadar untuk memperoleh nilai atau pujian akan tetapi didorong
oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhannya.
Metode
mengajar banyak macam-macam dan jenisnya, setiap jenis metode mengajar
mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing, tidak menggunakan satu macam
metode saja, mengkombinasikan penggunaan beberapa metode yang sampai saat ini
masih banyak digunakan dalam proses belajar mengajar. Menurut Nana
Sudjana(dalam buku Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, 1989),
terdapat bermacam-macam metode dalam mengajar, yaitu Metode ceramah, Metode
Tanya Jawab, Metode Diskusi, Metode Resitasi, Metode Kerja Kelompok, Metode
Demonstrasi dan Eksperimen, Metode sosiodrama (role-playing), Metode problem
solving,Metode sistem regu (team teaching), Metode latihan (drill),
Metode karyawisata (Field-trip), Metode survai masyarakat, dan Metode
simulasi.
Untuk lebih jelasnya bisa didownload di sini.
Sumber:
Aina Mulyana. 2012. “Pengertian
Metode Pembelajaran dan Jenisnya”.
http://ainamulyana.blogspot.com,
diakses 29 September 2012
Ardian Widiatmok. 2010. “Metode-Metode
dalam Pembelajaran”. http://naidra.student.fkip.uns.ac.id, diakses
29 September 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan bergabung ke MEMBERS CCI untuk dapat meninggalkan komentar sahabat.Terima Kasih!