Home

Sabtu, 22 Maret 2014

Seputar Masalah Pelajar (SMP)

SMP (Seputar  Masalah  Pelajar)

Oleh: Hengki Yandri

Sumber Gambar: http://www.nyunyu.com
Richar adalah seorang pelajar yang termasuk pada kategori anak orang kaya dan sekolah di sebuah SMA ternama di kota Padang yang duduk di bangku kelas XII. Semua kebutuhan yang diinginkannya selalu dituruti dan dipenuhi oleh orangtuanya karena Richar anak satu-satunya di keluarga dan hal ini membuat orangtuanya memanjakannya. Sepulang sekolah Ricahar langsung bermain Lay station, terkadang pergi rental band bersama teman-temannya, karaoke, balap mobil dan banyak lagi kegiatannya yang mengarah kepada kesenangan sesaat. Setiap tugas sekolah selalu di kerjakan oleh temannya dan saat ujian Richar pun suka menyontek.

Jumat, 02 Agustus 2013

Jenis-Jenis Kelompok dalam Konseling

Sumber: http://candra-zulisman.blogspot.com
1.  Kelompok Terapi (Therapy Groups)
Target kelompok terapi ini adalah anak-anak yang didiagnosis menderita gangguan kesehatan mental sehingga sangat bermanfaat bagi anak-anak penderita kesulitan emosional yang berat dan/atau mengalami gangguan psikiatris. Tujuan kelompok ini yaitu berusaha mengurangi gejala-gejala atau masalah-masalah tertentu (misalnya depresi atau kecemasan) yang fokus pada pengidentifikasian dan penanganan kesulitan-kesulitan emosional dan/atau kesulitan-kesulitan psikologis yang secara serius mengganggu masalah-masalah perkembangan dan sosial anak. Kelompok terapi ini bersifat memperbaiki, membantu meningkatkan penyesuaian diri pribadi dan bersifat rekonstruktif.

Rabu, 17 Oktober 2012

BIMBINGAN KELOMPOK


LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK


Layanan Bimbingan Kelompok yang selanjutnya disingkat BKp merupakan salah satu layanan yang primadona dari sepulah layanan yang ada di Bimbingan dan Konseling. Jika layanan ini dimanfaatkan dengan baik dan menarik oleh seorang Konselor/ guru BK, besar kemungkinan banyak siswa yang antusias mengikuti kegiatan layanan ini.
Menurut Sukardi (2003) layanan bimbingan kelompok dimaksudkan untuk memungkinkan siswa secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari nara sumber (guru pembimbing) yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Selanjutnya Prayitno (1996), yang dimaksud dengan layanan bimbingan kelompok adalah  suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan

Kamis, 04 Oktober 2012

OUTBOUND



SEKILAS TENTANG OUTBOUND


A.    PENGERTIAN
Usaha olah diri (pikiran & fisik), peningkatan/ pengembangan, motivasi/ prestasi kerja.

B.     MANFAAT
Meningkatkan keberanian/ percaya diri dalam berpendapat dan  bertindak, meningkatkan kecerdasan emosional spiritual dalam berinteraksi, membentuk pola pikir kreatif dan sistematis, membangun rasa kebersamaan, memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri maupun orang lain, menambah pengalaman hidup, pendewasaan diri,

Sabtu, 29 September 2012

METODE PEMBELAJARAN


METODE PEMBELAJARAN
Sumber: http://naidra.student.fkip.uns.ac.id

Metode menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam Kapita Selekta Pendidikan Islam, (1999) berasal dari kata meta berarti melalui, dan hodos jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan menurut Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam (2001)  Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Menurut  WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999) Metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud. Berdasarkan definisi di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa metode merupakan jalan atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Dalam pengelolaan pembelajaran terdapat beberapa prinsip yang harus diketahui di antaranya: